Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal |
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Nasabah Terhadap Produk Gadai Emas Selama Pandemi Covid 19 (Studi Pada Nasabah Pegadaian Di Kota Lubuklinggau) |
Nama Lengkap |
Ina Rukmawati |
Nama Pembimbing 1 |
Dheo Rimbano,S.E,M.Si |
Nama Pembimbing 2 |
Fitria,S.E,M.M |
Abstrak Jurnal |
Masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya fenomena nasabah pegadaian selama pandemi covid 19 yang menjual barang gadaiannya, efek naik harga emas menyebabkan nasabah menebus emas gadai lalu menjualnya dengan mendapatkan keuntungan selisih harga emas, lalu terjadinya penebusan emas perhiasan di pegadaian yang akan digunakan dalam moment hari besar. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, kuesioner dan dokumentasi. Dengan populasi penelitian 10.718 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 57 orang sesuai dengaAnalisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Nasabah Terhadap Produk Gadai Emas Selama Pandemi Covid 19
(Studi Pada Nasabah Pegadaian Di Kota Lubuklinggau)
penyebaran keusioner yang dikembalikan. Hasil Penelitian variabel proses cepat (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel tingkat kepercayaan dengan memperoleh nilai T hitung sebesar 8,713 > t tabel 2,00247 dan memperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. Variabel biaya pemeliharaan murah (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel tingkat kepercayaan dengan memperoleh nilai t hitung sebesar 2,649 > t tabel 2,00247 dan memperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. Pada variabel Layanan nyaman (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel tingkat kepercayaan (Y) dengan memperoleh nilai t hitung sebesar 1,778 < t tabel 2,00247 dan memperoleh nilai signifikan 0,081 atau lebih besar dari alfa 0,005. Nilai determinasi sebesar 0,775 sedangkan koefisien determinasi sebesar R² (R Square) 0,601 (60,1%) atau terdapat 39,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya. |
Daftar Pustaka |
(KBBI), K. B. B. I. (2017). Pengertian Gadai. KBBI.
Alindah, W. S. (2019). Pengaruh Brand Equity Produk Tabungan Emas Terhadap Minat Pembelian Dengan Variabel Moderasi Tingkat Kepercayaan Masyarakat Pada PT. Pegadaian Persero Cabang Wonokromo Surabaya. Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya.
Amir, T. (2015). Dinamika Pemasaran: Jelajahi Dan Rasakan. PT Rajagrafindo Persada.
Aziz, R. (2021). ini-8-faktor-yang-buat-kinerja-pegadaian-tetap-positif-saat-pandemi-. Bisnis.Com.
Bachmid, S., Musyawarah, I., Hidayah, N. R., & Pratamasyari, D. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Gadai Emas Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 7086. https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i1.23.70-86
Basarudin, S. (2019). PENGARUH PEMBIAYAAN RAHN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN NASABAH PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH KOTA PALOPO. Skripsi, 4(3), 121.
Domili, Alvira (2021). Dampak Covid 19 Terhadap Produk Gadai Emas di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Manado Kairagi. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado. Skripsi.
Dosen Pendidikan. (2021). https://www.dosenpendidikan.co.id/kepercayaan-adalah/. Dosen Pendidikan. https://www.dosenpendidikan.co.id/kepercayaan-adalah/
Harahap, T. S. R. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Religiusitas Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Produk Gadai Emas Di Pt Bank Syariah Mandiri Kcp Medan Iskandar Muda. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), 1. https://doi.org/10.32507/ajei.v11i1.493
Hutagalung, M. A. K. (2016). Analisa Pembiayaan Gadai Emas Di Pt. Bank SyariAh Mandiri Kcp Setia Budi. Jurnal Al-Qasd, 1, 119.
Kartini. Arafah, S. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPERCAYAAN NASABAH TERHADAP PRODUK GADAI EMAS (Studi Kasus PT. Bank Syariah Mandiri KC Setia Budi). Journal FEB, 1(1), 1425.
Kasmir. (2015). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. PT. Rajagrafindo Persada.
Nazli, A. (2018). Analisis Keutungan dan Tingkat Kepuasan Nasabah Pada Produk Gadai Emas di Pegadaian Syariah Banda Aceh. In Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Pegadaian. (2021). https://www.pegadaian.co.id/. Artikel. https://www.pegadaian.co.id/
Pratama, W. P. (2020). bisnis-gadai-tumbuh-signifikan-di-tengah-pandemi-benarkah. Bisnis.Com.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer (Alfabeta (ed.)). Alfabeta.
Razak, D. bin A., & Baharun, F. N. B. (2018). Factors that Determine Customers Acceptance of Ar Rahn Financing in Selangor. International Journal of Asian Social Science, 8(11), 10171026. https://doi.org/10.18488/journal.1.2018.811.1017.1026
Renaldy. (2017). Pengaruh Pembiayaan Rahn Terhadap Tingkat Kepercayaan Nasabah Di PT. Pegadaian Syariah Unit Pasar Perumnas Palembang. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Ridwan. (2015). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Alfabeta.
Seputar Pengetahuan. (2018). Pengertian Kepercayaan dan Elemen Dasar, Hal PeKepercayaan. https://www.seputarpengetahuan.co.id/2018/05/pengertian-kepercayaan-elemen-dasar-manfaat-hal-penting.html.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Suharsimi, A. (2016). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
Ulyah, S. M and Ula, R. (2019). The Effect ff Brand Image on Customer Loyalty Of The Rahn Product. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 685707.
Wikipedia. (2020). Pengertian Gadai. |