Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal |
PENERAPANE-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN HASIL UMKM (USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH) DI KABUPATEN EMPAT LAWANGBERBASIS WEBSITE |
Nama Lengkap |
YUYUN |
Nama Pembimbing 1 |
Davit Irawan,M.Kom |
Nama Pembimbing 2 |
Asep Toyib Hidayat,M.Kom |
Abstrak Jurnal |
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan dalarn berbagai sektor, termasuk bidang penjualan. Pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas layanan dan operasional telah membawa perubahan yang besar didunia penjualan. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. Peran UMKM dalam perekonomian suatu negara sangatlah penting. Dalam memasarkan produknya, UMKM yang ada dikabupaten Empat Lawang kebanyakan menggunakan cara konvesional, yaitu memasarkan produk dengan cara langsung kepembeli. Permasalahan menggunakan cara konvensional adalah proses transaksi jual beli konsumen masih tatap muka (face to face) dengan pihak perusahaan sehingga menyulitkan pembeli yang berada diluar daerah dan biaya pemasaran menjadi lebih mahal karena membutuhkan bantuan dari pihak luar seperti materi pencetakan, media pembelian dan pembuatan iklan di media. E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis. Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, maka UMKM di Kabupaten Empat Lawang membutuhkan E-Commerce dalam peningkatan usaha mereka. |
Daftar Pustaka |
[1] Jurnal Enterpreneur, “Pengertian, Jenis dan Perkembangan UMKM di Indonesia,” 2021. https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-jenis-dan-perkembangan-umkm-di-indonesia/#Apa_Itu_UMKM.
[2] R. Y. Eko Sasono, “MANAJEMN INOVASI PADA USAHA KECIL MENENGAH,” J. STIE SEMARANG, vol. 6, no. 3, pp. 74–90, 2014.
[3] A. Wijaya, “Pemkab Empat Lawang Usulkan 4.016 UMKM Dapat Bantuan Modal Rp 2,4 Juta Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Pemkab Empat Lawang Usulkan 4.016 UMKM Dapat Bantuan Modal Rp 2,4 Juta, https://sumsel.tribunnews.com/2020/09/29/pemkab-empat-,” 2020. https://sumsel.tribunnews.com/2020/09/29/pemkab-empat-lawang-usulkan-4016-umkm-dapat-bantuan-modal-rp-24-juta.
[4] M. Pradana, “Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce,” Jurnal Neo-bis, vol. 9, no. 2. pp. 32–40, 2015.
[5] K. Kasmi and A. N. Candra, “Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu,” Jurnal AKTUAL, vol. 15, no. 2. p. 109, 2017, doi: 10.47232/aktual.v15i2.27.
[6] Nuryanti, “PERAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL DAN MENENGAH ( UKM ),” J. Ekon., vol. 21, no. 4, pp. 1–15, 2013.
[7] Y. R. Suci, S. Tinggi, and I. Ekonomi, “Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia,” Jurnal Ilmiah fakultasi Ekonomi. 2017.
[8] S. S. Willy Pratama Widharta, “PENYUSUNAN STRATEGI DAN SISTEM PENJUALAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO DAMAI,” J. Manaj. Pemasar. PETRA, vol. 2, no. 1, pp. 1–15, 2013.
[9] A. Firman, H. F. Wowor, X. Najoan, J. Teknik, E. Fakultas, and T. Unsrat, “Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web,” E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, vol. 5, no. 2. pp. 29–36, 2016.
[10] Y. Kustiyaningsih, Pemrograman Basis Data berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.
[11] Haviluddin, “Memahami Penggunaan UML ( Unified Modelling Language ),” Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language), vol. 6, no. 1. pp. 1–15, 2011, [Online]. Available: https://informatikamulawarman.files.wordpress.com/2011/10/01-jurnal-informatika-mulawarman-feb-2011.pdf.
[12] M. S. Rosa A. S, Rekayasa Perangkat Lunak. Informatika Bandung.
[13] D. Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi,” J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2. 2017, doi: 10.37438/jimp.v2i2.67.
[14] B. A. Priyaungga, D. B. Aji, M. Syahroni, N. T. S. Aji, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 3, no. 3. p. 150, 2020, doi: 10.32493/jtsi.v3i3.5343.
[15] S. M. Maulana, H. Susilo, and Riyadi, “Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online,” J. Adm. Bisnis, vol. 29, no. 1, pp. 1–9, 2015.
[16] D. Irmawati, “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis,” Orasi Bisnis, vol. VI. 2011.
|