Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal |
Analisis Pengukuran Kualitas Aplikasi Sentuh Tanahku di Kantor Pertanahan Kabupaten Empat Lawang menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model) |
Nama Lengkap |
teti oktama sari |
Nama Pembimbing 1 |
Elmayati M.Kom |
Nama Pembimbing 2 |
SatrianansyahM.Kom |
Abstrak Jurnal |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh normal subjektif, persepsi kemudahan, persepsi kegunaan dan kerumitan terhadap minat pengguna Aplikasi Sentuh Tanahku di kalangan masyarakat populasi penelitian ini adalah masyarakat penguna aplikasi Sentuh Tanahku Kabupaten Empat Lawang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebayak 42 responden. Data penelitian ini adalah data perimer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Teknik pengambilan sampel mengunakan metode random sampeling, metode pengolahan data mengunakan analisis linier berganda denganalat analisis data mengunakan SPSS 20, hasil penelitian ini menunjukan bahwa norma subjektif, persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan kerumitan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengguna Aplikasi Sentuh Tanahku.
Kunci: Technology Acceptance Model, Sistem Informasi Akuntansi, Norma Subjektif, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Sentuh Tanahku
|
Daftar Pustaka |
[1] G. Gunadi and I. K. Sudaryana, “Analisa Tingkat Penerimaan Aplikasi Scratch Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam),” Infotech J. Technol. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 7–18, 2021, doi: 10.37365/jti.v7i1.101.
[2] R. K. Wiyati and N. L. A. K. Y. Sarja, “Analisis Awal Penerimaan Aplikasi E-Krs Menggunakan Pendekatan TAM (Technology Acceptance Model),” Konf. Nas. Sist. dan Inform., pp. 792–796, 2014.
[3] N. Hilda, “Strategi Inovasi Layanan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Surabaya II,” Kebijak. dana Manaj. Publik, vol. 2, no. 1, p. 10, 2014.
[4] M. W. Purwaningdyah and A. Wahyudi, “Konsep Dasar Administrasi dan Administrasi Pertanahan,” Adm. Pertanah., pp. 1–39, 2014.
[5] S. Hanik Mujiati, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Stok Obat Pada Apotek Arjowinangun,” Indones. J. Comput. Sci. - Speed FTI UNSA, vol. 9330, no. 2, pp. 1–6, 2013.
[6] S. Fadli and K. Imtihan, “2. Sofiansyah 2018 (Administrasi) ,” vol. 1, no. 2, pp. 7–14, 2018.
[7] D. S. Rachmad, “EVALUASI USABILITY APLIKASI SENTUH TANAHKU MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC USABILITY EVALUATION APPLICATION SENTUH TANAHKU USING HEURISTIC METHOD,” vol. 5, pp. 34–43.
[8] I. Ilahiyyah, M. Barja Sanjaya, and E. Rosely, “Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Web Mobile Studi Kasus : Coffee Pudak Bandung Booking Application Drinks and Food Based Mobile Web Case Study : Coffee Pudak Bandung,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 122–130, 2018.
[9] H. Abdurahman and A. R. Riswaya, “Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti,” J. Comput. Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 61–69, 2014.
[10] E. Suwandi, F. H. Imansyah, and H. Dasril, “Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome,” J. Tek. Elektro, p. 11, 2018.
[11] Erhaneli and O. Irawan, “Prediksi Perkembangan Beban Listrik Sektor Rumah Tangga di Kabupaten Sijunjung Tahun 2013-2022 dengan Simulasi SPSS,” Momentum, vol. 17, no. 2, pp. 14–20, 2015.
[12] S. Zein, L. Yasyifa, R. Ghozi, E. Harahap, F. Badruzzaman, and D. Darmawan, “Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS,” J. Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2019.
[13] M. Adri and Yusnita, “Analisis Tingkat Penerimaan Aplikasi E-Pkh Berbasis Android Menggunakan Metode Technologi Acceptance Model ( Tam ) Di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan,” J. Kapita Sel. Geogr., vol. 2, pp. 20–30, 2019.
[14] F. S. Rahayu, D. Budiyanto, and D. Palyama, “Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta),” J. Terap. Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 87–98, 2017, doi: 10.21460/jutei.2017.12.20.
[15] B. A. Stefany, F. M. Wibowo, and C. Wiguna, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model ( TAM ),” vol. 3, no. 1, pp. 172–184, 2021.
[16] R. Umar, I. Riadi, and E. Handoyo, “Analisis Keamanan Sistem Informasi Berdasarkan Framework COBIT 5 Menggunakan Capability Maturity Model Integration (CMMI),” Sist. Inf. Bisnis 01, pp. 47–54, 2019, doi: 10.21456/vol9iss1pp47-54.
[17] H. P. Prasojo, F. I. Komputer, U. Dian, and N. Semarang, “ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN DSS01 ( MANAGE OPERATIONS ) PADA BPS PROVINSI JAWA TENGAH,” vol. 01, pp. 1–12.
[18] H. O. L. Wijaya, “Implementasi Metode Pieces Pada Analisis Website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 1, pp. 46–55, 2018, doi: 10.32767/jusim.v3i1.289.
[19] A. Supriyatna, “Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Berbasis Web,” Paradigma, vol. XVIII, no. 2, pp. 1–10, 2016.
[20] D. Susandi and S. Sukisno, “Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 4, pp. 5–8, 2017, doi: 10.30656/jsii.v4i0.368.
[21] Arikunto, Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. RINERKA CIPTA, 2013.
[22] Bustam, N. S. Nurfajriani, Izmalinda, and T. Retno, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GRAB- BIKE ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Stiem Bongaya Makassar ),” J. Ilm. Bongaya (Manajemen Akuntansi), no. April, pp. 9–16, 2017.
[1] G. Gunadi and I. K. Sudaryana, “Analisa Tingkat Penerimaan Aplikasi Scratch Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam),” Infotech J. Technol. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 7–18, 2021, doi: 10.37365/jti.v7i1.101.
[2] R. K. Wiyati and N. L. A. K. Y. Sarja, “Analisis Awal Penerimaan Aplikasi E-Krs Menggunakan Pendekatan TAM (Technology Acceptance Model),” Konf. Nas. Sist. dan Inform., pp. 792–796, 2014.
[3] N. Hilda, “Strategi Inovasi Layanan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Surabaya II,” Kebijak. dana Manaj. Publik, vol. 2, no. 1, p. 10, 2014.
[4] M. W. Purwaningdyah and A. Wahyudi, “Konsep Dasar Administrasi dan Administrasi Pertanahan,” Adm. Pertanah., pp. 1–39, 2014.
[5] S. Hanik Mujiati, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Stok Obat Pada Apotek Arjowinangun,” Indones. J. Comput. Sci. - Speed FTI UNSA, vol. 9330, no. 2, pp. 1–6, 2013.
[6] S. Fadli and K. Imtihan, “2. Sofiansyah 2018 (Administrasi) ,” vol. 1, no. 2, pp. 7–14, 2018.
[7] D. S. Rachmad, “EVALUASI USABILITY APLIKASI SENTUH TANAHKU MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC USABILITY EVALUATION APPLICATION SENTUH TANAHKU USING HEURISTIC METHOD,” vol. 5, pp. 34–43.
[8] I. Ilahiyyah, M. Barja Sanjaya, and E. Rosely, “Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Web Mobile Studi Kasus : Coffee Pudak Bandung Booking Application Drinks and Food Based Mobile Web Case Study : Coffee Pudak Bandung,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 122–130, 2018.
[9] H. Abdurahman and A. R. Riswaya, “Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti,” J. Comput. Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 61–69, 2014.
[10] E. Suwandi, F. H. Imansyah, and H. Dasril, “Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome,” J. Tek. Elektro, p. 11, 2018.
[11] Erhaneli and O. Irawan, “Prediksi Perkembangan Beban Listrik Sektor Rumah Tangga di Kabupaten Sijunjung Tahun 2013-2022 dengan Simulasi SPSS,” Momentum, vol. 17, no. 2, pp. 14–20, 2015.
[12] S. Zein, L. Yasyifa, R. Ghozi, E. Harahap, F. Badruzzaman, and D. Darmawan, “Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS,” J. Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2019.
[13] M. Adri and Yusnita, “Analisis Tingkat Penerimaan Aplikasi E-Pkh Berbasis Android Menggunakan Metode Technologi Acceptance Model ( Tam ) Di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan,” J. Kapita Sel. Geogr., vol. 2, pp. 20–30, 2019.
[14] F. S. Rahayu, D. Budiyanto, and D. Palyama, “Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta),” J. Terap. Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 87–98, 2017, doi: 10.21460/jutei.2017.12.20.
[15] B. A. Stefany, F. M. Wibowo, and C. Wiguna, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model ( TAM ),” vol. 3, no. 1, pp. 172–184, 2021.
[16] R. Umar, I. Riadi, and E. Handoyo, “Analisis Keamanan Sistem Informasi Berdasarkan Framework COBIT 5 Menggunakan Capability Maturity Model Integration (CMMI),” Sist. Inf. Bisnis 01, pp. 47–54, 2019, doi: 10.21456/vol9iss1pp47-54.
[17] H. P. Prasojo, F. I. Komputer, U. Dian, and N. Semarang, “ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN DSS01 ( MANAGE OPERATIONS ) PADA BPS PROVINSI JAWA TENGAH,” vol. 01, pp. 1–12.
[18] H. O. L. Wijaya, “Implementasi Metode Pieces Pada Analisis Website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 1, pp. 46–55, 2018, doi: 10.32767/jusim.v3i1.289.
[19] A. Supriyatna, “Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Berbasis Web,” Paradigma, vol. XVIII, no. 2, pp. 1–10, 2016.
[20] D. Susandi and S. Sukisno, “Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 4, pp. 5–8, 2017, doi: 10.30656/jsii.v4i0.368.
[21] Arikunto, Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. RINERKA CIPTA, 2013.
[22] Bustam, N. S. Nurfajriani, Izmalinda, and T. Retno, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GRAB- BIKE ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Stiem Bongaya Makassar ),” J. Ilm. Bongaya (Manajemen Akuntansi), no. April, pp. 9–16, 2017.
|