Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal |
ANALISIS TINGKAT PENERIMAAN APLIKASI E-OFFICE MOBILE MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN EMPAT LAWANG |
Nama Lengkap |
okti rezekiani |
Nama Pembimbing 1 |
muhamad akbar,ST.,M.IT |
Nama Pembimbing 2 |
bunga intan, M.Kom |
Abstrak Jurnal |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh normal subjektif, persepsi kemudahan, persepsi kegunaan dan kerumitan terhadap minat pengguna Aplikasi E-Office di kalangan masyarakat populasi penelitian ini adalah masyarakat penguna aplikasi E-Office Kabupaten Empat Lawang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebayak 46 responden. Data penelitian ini adalah data perimer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Teknik pengambilan sampel mengunakan metode random sampeling, metode pengolahan data mengunakan analisis linier berganda denganalat analisis data mengunakan SPSS 20, hasil penelitian ini menunjukan bahwa norma subjektif, persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan kerumitan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengguna Aplikasi E-Office
Kata Kunci: Technology Acceptance Model, Sistem Informasi Akuntansi, Norma Subjektif, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Aplikasi E-Office.
|
Daftar Pustaka |
[1] N. Dalimunthe and A. Adawiyah, “Analisa Penerimaan Pengguna Aplikasi Revenue Assurance Pembenahan Data Pelanggan (PDP) Menggunakan Metode TAM,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 155–160, 2020.
[2] G. Gunadi and I. K. Sudaryana, “Analisa Tingkat Penerimaan Aplikasi Scratch Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam),” Infotech J. Technol. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 7–18, 2021, doi: 10.37365/jti.v7i1.101.
[3] S. Hanik Mujiati, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Stok Obat Pada Apotek Arjowinangun,” Indones. J. Comput. Sci. - Speed FTI UNSA, vol. 9330, no. 2, pp. 1–6, 2013.
[4] S. Fadli and K. Imtihan, “2. Sofiansyah 2018 (Administrasi) ,” vol. 1, no. 2, pp. 7–14, 2018.
[5] Febrina Ananta Clara., dkk, “Aplikasi E-Marketplace Bagi Pengusaha Stainless Berbasis Mobile Di Wilayah Bandar Lampung,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 15–22, 2021.
[6] A. Azis and T. Dirgahayu, “Pengembangan Model E-Office dan Purwarupa Intitusi Perguruan Tinggi di Indonesia (Development of E-Office Model and Prototype for Colleges in Indonesia),” Juita, vol. 3, no. 3, pp. 129–142, 2015.
[7] E. Suwandi, F. H. Imansyah, and H. Dasril, “Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome,” J. Tek. Elektro, p. 11, 2018.
[8] Erhaneli and O. Irawan, “Prediksi Perkembangan Beban Listrik Sektor Rumah Tangga di Kabupaten Sijunjung Tahun 2013-2022 dengan Simulasi SPSS,” Momentum, vol. 17, no. 2, pp. 14–20, 2015.
[9] S. Zein, L. Yasyifa, R. Ghozi, E. Harahap, F. Badruzzaman, and D. Darmawan, “Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS,” J. Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2019.
[10] M. Adri and Yusnita, “Analisis Tingkat Penerimaan Aplikasi E-Pkh Berbasis Android Menggunakan Metode Technologi Acceptance Model ( Tam ) Di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan,” J. Kapita Sel. Geogr., vol. 2, pp. 20–30, 2019.
[11] T. Sugihartono and R. R. C. Putra, “Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Technology Acceptance Model pada Sistem Pelayanan Publik,” Satin, vol. Vol. 06, no. 2020, pp. 96–105, 2020, doi: 10.33372/stn.v6i2.651.
[12] F. S. Rahayu, D. Budiyanto, and D. Palyama, “Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta),” J. Terap. Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 87–98, 2017, doi: 10.21460/jutei.2017.12.20.
[13] S. Mulyono, W. A. Syafei, and R. Kusumaningrum, “Analisa Tingkat Penerimaan Pengguna Terhadap Aplikasi SIMPUS dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM),” JOINS (Journal Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 147–155, 2020, doi: 10.33633/joins.v5i1.3277.
[14] H. O. L. Wijaya, “Implementasi Metode Pieces Pada Analisis Website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 1, pp. 46–55, 2018, doi: 10.32767/jusim.v3i1.289.
[15] R. Umar, I. Riadi, and E. Handoyo, “Analisis Keamanan Sistem Informasi Berdasarkan Framework COBIT 5 Menggunakan Capability Maturity Model Integration (CMMI),” Sist. Inf. Bisnis 01, pp. 47–54, 2019, doi: 10.21456/vol9iss1pp47-54.
[16] H. P. Prasojo, F. I. Komputer, U. Dian, and N. Semarang, “ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN DSS01 ( MANAGE OPERATIONS ) PADA BPS PROVINSI JAWA TENGAH,” vol. 01, pp. 1–12.
[17] Arikunto, Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. RINERKA CIPTA, 2013.
[18] Bustam, N. S. Nurfajriani, Izmalinda, and T. Retno, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GRAB- BIKE ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Stiem Bongaya Makassar ),” J. Ilm. Bongaya (Manajemen Akuntansi), no. April, pp. 9–16, 2017. |