Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal |
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI DI TOKO BUMDES TRIKOYO KABUPATEN MUSI RAWAS |
Nama Lengkap |
REMI PERMATA SARI |
Nama Pembimbing 1 |
Drs Yohanes Susanto,MM |
Nama Pembimbing 2 |
Yulpa Raberta., MM |
Abstrak Jurnal |
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah promosi yang digunakan masih dari mulut ke mulut pembeli, beberapa produk yang dijual memiliki stok yang sedikit, sehingga terdakang saat konsumen melakukan pembelian produk yang dicari sudah habis, posisi toko tertutup oleh pagar dan tidak menghadap ke jalan besar, sehingga konsumen banyak yang tidak mengetahui lokasi toko khususnya konsumen dari luar desa Trikoyo, dan harga penjualan tidak tertera, sehingga konsumen perlu menanyakan harga produk kepada pegawai toko. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan pencatatan dan pengamatan langsung pada tempat penelitian (observasi), melakukan penyebaran kuesioner, dan dokumentasi dengan cara membaca pedoman-pedoman dan literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel price (X1) memperoleh nilai signifikansi t sebesar 0.585, lebih besar dari 0.05 (Sig t > Sig á). Artinya tidak ada pengaruh signifikan dari price terhadap keputusan pembelian pada toko. Analisis pengaruh ini bersifat positif ( + ) dilihat dari nilai koefisien regresi 0.051, artinya bahwa setiap penurunan atau peningkatan price akan mempengaruhi 5,1% keputusan pembelian. Variabel product (X2) memperoleh nilai signifikansi t sebesar 0.053, lebih besar dari 0.05 (Sig t > Sig á). Artinya tidak ada pengaruh signifikan dari product terhadap keputusan pembelian. Analisis pengaruh ini bersifat positif ( + ) dilihat dari nilai koefisien regresi 0.379, artinya bahwa setiap penurunan atau peningkatan product akan mempengaruhi 37,9% keputusan pembelian. Variabel promotion (X3) memperoleh nilai signifikansi t sebesar 0.421, lebih besar dari 0.05 (Sig t > Sig á). Artinya tidak ada pengaruh signifikan dari promotion terhadap keputusan pembelian. Analisis pengaruh ini bersifat positif ( + ) dilihat dari nilai koefisien regresi 0,402, artinya bahwa setiap penurunan atau peningkatan promotion akan mempengaruhi 40,2% keputusan pembelian. Variabel place (X4) memperoleh nilai signifikansi t sebesar 0.311, lebih besar dari 0.05 (Sig t > Sig á). Artinya tidak ada pengaruh signifikan dari place terhadap keputusan pembelian. Analisis pengaruh ini bersifat positif ( + ) dilihat dari nilai koefisien regresi 0.183, artinya bahwa setiap penurunan atau peningkatan place akan mempengaruhi 18,3% keputusan pembelian. Sedangkan hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi F sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05 (Sig F < Sig α) sehingga hipotesis kelima pada penelitian ini diterima. Artinya ada pengaruh signifikan price, product, promotion, dan place terhadap keputusan pembelian pada Toko BUMDES Trikoyo.
Kata Kunci : Price, Product, Promotion, Place, Keputusan Pembelian |
Daftar Pustaka |
V. DAFTAR PUSTAKA
Drs. Syahrum, M.Pd dan Drs. Salim, M. P. (2012). Buku Metodologi penelitian kuantitatif.pdf. Citapustaka Media.
Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Minuman Kesehatan Instant Alvero). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2969–2978. https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24043
Jeanette, & Pricilia, O. (2017). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Liberia Eatery. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 5(2), 444–458. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/5979
Mohammadi, K., Movahhedy, M. R., Khodaygan, S., Gutiérrez, T. J., Wang, K., Xi, J., Trojanowska, A., Nogalska, A., Garcia, R., Marta, V., Engineering, C., Catalans, A. P., Capsulae.com, Pakdel, Z., Abbott, L. A., Jaworek, A., Poncelet, D., Peccato, L. O. D. E. L., Sverdlov Arzi, R., & Sosnik, A. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Advanced Drug Delivery Reviews, 135(January 2006), 989–1011. https://doi.org/10.1016/j.addr.2018.07.012%0Ahttp://www.capsulae.com/media/Microencapsulation - Capsulae.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jaerosci.2019.05.001
Mulyandi, M. R., & Sani, E. P. (2020). Pengaruh E Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada E Commerce Di Indonesia). Jurnal IImiah Teknologi, 3(1), 41–49. https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTkvMTIvMTgvZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2L3N0YXRpc3Rpay1lLWNvbW1lcmNlLTIwMTkuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjA
Octaviani, M. F., Indriani, Y., & Situmorang, S. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dan Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Jus Buah Segar Bandar Lampung. Jiia, 2(2), 133–141.
Pratiwi, P., & Sudiksa, I. (2013). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada Pt. Agung Automall Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(9), 241910.
Rahim, E., & Mohamad, R. (2021). Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26. https://doi.org/10.54045/mutawazin.v2i1.234
Ramadana, C. B., & Ribawanto, H. (2010). KEBERADAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) SEBAGAI PENGUATAN EKONOMI DESA (Studi di Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang) Coristya. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(6), 1068–1076.
Setiawan, W., & Sugiharto, S. (2014). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza Tipe G Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–8.
Shareen, S., & Andayani, N. R. (2018). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KARA SANTAN PT ENSEVAL PUTERA MEGATRADING, Tbk. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 46–59. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i1.762
Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 144. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1382
Soewanto, A. A., & Andreani, F. (2019). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda di Surabaya. Agora, 7(2), 1–6. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/balance/article/view/1647
Widjajanti, M., & Pahar, B. H. (2021). Pengaruh Marketing Mix Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sika. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 13(1), 17–31. https://doi.org/10.37477/bip.v13i1.199 |