Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal |
PENGARUH KUALITAS DAN CITRA TERHADAP KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA LAYANAN DI KOPERASI (STUDI KASUS DI KOPERASI WILAYAH KABUPATEN MUSI RAWAS) |
Nama Lengkap |
Nadia |
Nama Pembimbing 1 |
Dr.Dheo Rimbano,SE,M.Si |
Nama Pembimbing 2 |
Suyadi,SE,MM |
Abstrak Jurnal |
Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas dan Citra Terhadap Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Layanan di Koperasi (Studi kasus di Koperasi Wilayah Kabupaten Musi Rawas). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana populasi dalam penelitian ini adalah anggota Koperasi wilayah Tugumulyo yang berjumlah 100 Orang. Hasil penelitian a). Kualitas memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Kepuasan kerja di Koperasi Wilayah kabupaten Musi Rawas, nilai thitung 23,847 > ttabel (1.984) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. b). Citra memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Kepuasan di Koperasi Wilayah kabupaten Musi Rawas, nilai thitung 26.937 > ttabel (1.984) berarti Ho ditolak dan Ha diterima c).Layanan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Kepuasan di Koperasi Wilayah kabupaten Musi Rawas ) nilai thitung 17,456 > ttabel (1.984) berarti Ho ditolak dan Ha diterima . d).Kualitas dan Citra memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap Kepuasan di Koperasi Wilayah kabupaten Musi Rawas Fhitung 456.178 > Ftabel 3.09, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima e).Kualitas dan Layanan berpengaruh terhadap Kepuasan di Koperasi Wilayah Kabupaten Musi Rawas Fhitung 380.475 > Ftabel 3.09, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. f). Citra dan Layanan berpengaruh terhadap Kepusan di Koperasi Wilayah Kabupaten Musi Rawas Fhitung 484.862 > Ftabel 3.09, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. g). Kualitas dan Citra Mempunyai pengaruh secara tidak langsung terhadap Layanan melalui Kepuasan di Koperasi Wilayah kabupaten Musi Rawas
Kata Kunci : Kualitas, Citra dan Kepuasan dan Layanan.
ABSTRACT
This study entitled The Effect of Quality and Image on Satisfaction as Intervening Variables in Services in Cooperatives (Case Study in Cooperatives in Musi Rawas Regency). This type of research is quantitative research where the population in this study is a member of the Cooperative in the Tugumulyo area, totaling 100 people. Research results a). Quality has a partially significant effect on job satisfaction in Cooperatives in the Musi Rawas district, tcount 23.847 > ttable (1.984) means Ho is rejected and Ha is accepted. b). Image has a partially significant effect on Satisfaction in Cooperatives in the Musi Rawas district, tcount value is 26,937 > ttable (1,984) means Ho is rejected and Ha is accepted c). Service has a partially significant effect on Satisfaction in Cooperatives in Musi Rawas district) value tcount 17.456 > ttable (1.984) means that Ho is rejected and Ha is accepted. d). Quality and Image have a significant effect simultaneously on Satisfaction in Cooperatives in Musi Rawas Regency Fcount 456.178 > Ftable 3.09, so Ho is rejected and Ha is accepted e). Quality and Service affect Satisfaction in Cooperatives in Musi Rawas Regency Fcount 380.475 > Ftable 3.09, so that Ho is rejected and Ha is accepted. f). Image and service affect decisions in cooperatives in the Musi Rawas Regency area Fcount 484,862 > Ftable 3.09, so Ho is rejected and Ha is accepted. g). Quality and Image Have an indirect influence on Services through Satisfaction in Cooperatives in the Musi Rawas district
Keywords: Quality, Image and Satisfaction and Service. |
Daftar Pustaka |
Buchori, A. (2018). Pengantar Bisnis. Alfabeta.
Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media.
Kesuma, T. M., Yunus, M., Siregar, M. R. & Muzammil, A. (2021). Quality and image: The role of satisfaction and trust as intervening variables on loyalty of customer’s internet service providers. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 14(2), 282–989. https://doi.org/10.25105/jmpj.v14i2.9358
Kurniawan, Z. (2016). Sumber Daya Manusia dalam Organisasi & Manajemen. CV Budi Utama.
Mukarom, Z. & Laksana, M. W. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. CV Pustaka Setia.
Novita dan Sulistiyono, 2020, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Citra Toko Terhadap Kepuasan Konsumen, ISSN 2723-7125.
Nurman. 2015. Strategi Pembangunan Daerah, Cetakan ke1, PT. Raja Gravindo Persada, Jakarta
Paludi dan Nurchorimah, 2021, Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian sebagai intervening, Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, ISSN: 2302-6359; e-ISSN: 2622-0865
Prayoga, DW, 2019, Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Layanan BPJS Ketenaga Kerjaan Purwakarta, ISSN 2685-7057 (Online)
Ratminto & Winarsih, A. S. (2018). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar.
Ridwan, M. & Palupiningdyah. (2014). Pengaruh Nilai Emosional, Nilai Sosial Dan Nilai Kualitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 3(1), 1–6.
Sangaji & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. CV.Andi Offset.
Siregar, S. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. PT Bumi Aksara.
Setiawan, dkk, 2016, Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening, Journal Of Management, Volume 2 No.2
Sonya Delvina, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Mahasiswa. Skripsi, Jurusan Manajemen, STIE Mahaputra Riau, PekanbaruKotler & Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 & 2. Alih bahasa oleh Bob Sabran. Jakarta: Indeks.
Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Administrasi (13th ed.). ALFABETA.
Tjiptono, F. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. CV.Andi Offset.
Wahab, W. (2020). Pengaruh Citra Koperasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada Koperasi Anggota Republik Indonesia (Kpri) Kantor Kementrian Agama Kota Pekanbaru. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 11(4).
Wibowo, SE., M. P. (2014). Manajemen Kepuasan (4th ed.). Rajawali Pers.
Wijaya, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Asosiasi Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis Terapan, 02.
Undang-Undang
Pemerintah Indonesia. 2004. UndangUndang Nomor 40 Tahun 2004 yanng mengatur tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Lembar Negara RI tahun 2004 No. 16, Sekretariat Negara. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. 2011. UndangUndang Nomor 24 Tahun 2011 yang mengatur tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Lembar Negara RI tahun 2011 No. 49, Sekretariat Negara. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. 2009. UndangUndang Nomor 25 Tahun 2009 yang mengatur tentang pelayanan publik. Lembar Negara RI tahun 2009 No.46. Sekretariat Negara. Jakarta |