Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal |
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GRABFOOD DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS BINA INSAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) |
Nama Lengkap |
Shelly Nadia Efendi |
Nama Pembimbing 1 |
Zul fauzi, M.Kom |
Nama Pembimbing 2 |
Satrianansyah, M.Kom |
Abstrak Jurnal |
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah Penggunaan jasa pada aplikasi Grabfood masih banyak kekurangan, diantaranya masih terlalu lama proses pecarian driver yang akan menjemput pesanan konsumen, tarif yang ditentukan Grabfood masih terlalu mahal, kurangnya promo yang diberikan untuk konsumen, dan kurang luasnya restoran-restoran yang ada di kota Lubuklinggau yang terdaftar dalam aplikasi Grabfood lantas apakah masalah ini yang menjadi faktor tidak atau puasnya pelanggan terhadap aplikasi grabfood dan akan diteliti menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dengan variabel Service Quality (Tangiabels, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empaty, Product Quality, Price). Penelitian ini juga menggunakan 2 data diantaranya data primer dan data sekunder. Data primer metode observasi (terjun langsung), metode interview (wawancara), metode dokumentasi dan kuisioner. Sedangkan data sekunder adalah jurnal dan buku. Dari hasil analisis terdapat 2 item yang sudah dinili baik, dan ada 4 item yang dinilai kurang baik dan hal itu harus ditingkatkan lagi kedepannya. Untuk nilai skor kepuasan pelanggan aplikasi Grabfood dilingkungan Universitas Bina Insan adalah sebesar 94% yang mana artinya memuaskan.
Kata kunci: Analisis, Kepuasan Pelanggan, Grabfood, Importance Performance Analysis
|
Daftar Pustaka |
[1] Cindi Wulandari, Elmayati, Yulia Citra, “Analisis Tingkat Kepuasaan Pengguna Aplikasi Grab Kota Lubuklinggau Menggunakan Framework Pieces”, Jurnal Teknologi Informasi Mura, vol, 12, no, 02, pp 118-130, Desember 2020.
[2] Muslih Dwi Prasetyo, Susanto, Bernadetta Diansepti Maharani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen”, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, vol, 9, no, 1, pp 23-32, Maret 2021.
[3] Johan Oscar Ong, Jati Pambudi, “Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Importance Performance Analysis di SBU Labroratory Cibitung PT Sucofindo (Persero)”, J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, vol, IX, no, 1, pp 1-10, Januari 2014.
[4] Yeli Sarvina, “Pemanfaatan Software Open Soyrce “R” untuk Penelitian Agroklimat”, Jurnal Informatika Pertanian, vol, 26, no, 1, pp 23-30, Mei 2017
[5] Wirdha Purnomo, Dyah Riandadari, “Analisa Kepuasan Pelanggan terhadap Bengkel dengan Metode IPA di PT. Arina Parama Jaya Gresik”, Jurnal Teknik Mesin, vol, 03, no, 03, pp 54-63, 2015.
[6] Silfiana Alfareni Putri, Yuli Susilawati, Shelly Nadia Efendi, Reynaldi Jashuma, Aldi Hupindra, M. Nur Alamsyah, Taufik Rahman, “Analisis Kepuasan Pengguna Website SMAN 2 Lubuklinggau Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)”, Jurnal Escaf, vol, -, no, -, pp 1292-1305, 2022.
[7] Yadi, Asminah, “Marketplace Analysis of Improving Marketing Performance of UMKM Products”. Jurnal Escaf, vol. -, no.-, pp. 1252-1258, 2022.
[8] Melfa Yola, Duwi Budianto, “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk pada Supermarket dengan menggunkan metode Importance Performance Analysis (IPA)”. Jurnal Optimasi Sistem Industri, vol, 12, no, 12, pp 301-309, Maret 2013.
[9] Risep Khairul Umam, Niluh Putu Hariastuti, “Analisa Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode CSI dan IPA”. Jurnal ITATS (Institut Teknologi Ahdi Tama Surabaya), vol, -, no, -, pp 339-344, 2018.
[10] Haris Fadillah, Aulia F. Hadining, Rianita Puspa Sari, “Analisis Kepuasan Pelanggan ABC Laundry dengan menggunakan Metode Service Quality, IPA dan CSI”, J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, vol, 15, no, 1, pp 1-10, Januari 2020.
[11] Harma Oktafia Lingga Wijaya, Andri Anto Tri. S, Armanto, Wisdalia Maya Sari, “Prediksi Pola Penjualan Barang pada UMKM XYZ dengan Metode Algoritma Apriori”, Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol, 3, no, 4, pp 432-437, Juni 2022.
[12] Andri Anto Tri S, Armanto, Harma Oktafia Lingga Wijaya, Wisdalia Maya Sari, “Sistem Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara Dan Kota Lubuklinggau Dengan Metode Regresi Linier”, Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol, 3, no, 4, pp 422-431, Juni 2022.
[13] Amin Nurosid, Kiki Rikardo, Attaya Rifki Basmansyah, Abdurrahman Sanjaya, Harma Oktafia Lingga Wijaya, Bunga Intan, “Prediksi Transaksi Penjualan Barang dengan Mengimplementasikan Aplikasi WEKA”, Jurnal Escaf, vol, -, no, -, pp 1381-1388, 2022. |