Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal |
Pengaruh komunikasi dan fasilitas terhadap kepuasan pengguna melalui kualitas pelayanan sebagai variabel intervening di dinas perpustakaan dan kearsipan kota lubuklinggau |
Nama Lengkap |
Nurisky Pratami |
Nama Pembimbing 1 |
Herman Paleni, SE.,M.Si |
Nama Pembimbing 2 |
Surajiyo, SE.,MM |
Abstrak Jurnal |
Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna perpustakaan adalah kualitas layanan. Untuk mencapai kepuasan pengguna perpustakaan maka perpustakaan harus memberikan kualitas terhadap layanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh komunikasi, fasilitas perpustakaan terhadap kepuasan pengguna melalui kualitas pelayanan sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. 100 responden dengan perhitungan teknik sampling insidental. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis Smart PLS 3.0. Hasil penelitian fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dengan t-statistik sebesar 3,009, fasilitas perpustakaan tidak berpengaruh terhadap kualitas pelayanan dengan nilai t-statistik sebesar 0,421, komunikasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dengan nilai t-statistik sebesar 0,344, komunikasi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan dengan nilai t-statistik sebesar 2,860, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dengan nilai t- statistik sebesar 2,089, Selanjutnya kualitas pelayanan sebagai variabel intervening dapat mempengaruhi komunikasi terhadap kepuasan pengguna dengan nilai t-statistik sebesar 1,649, kualitas pelayanan sebagai variabel intervening tidak dapat mempengaruhi fasilitas terhadap kepuasan pengguna dengan nilai t-statistik sebesar 0,416. |
Daftar Pustaka |
Adil2, A. R. S. A. M. (2018). Faktor-
Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Distrik Hingk Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat. Jurnal Competitiveness,7,65–77.
Universitas Bina Insan Lubuklinggau
3
ESCAF 2023
1st
Nurisky Pratami, Herman Paleni, SE., M.Si, Surajiyo, SE., MM
p-ISSN : xxx-
https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma Adinda Chandralela dan Ahmad Yani
Hazir. (2017). Pengaruh Komunikasi, Kepemimpinan, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang, 3, 16–36.
Ariyanti, N., & Rengu, S. P. (1873). Peran Desain Interior Terhadap Kepuasan Pemustaka ( Studi pada Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang ). Neliti, 3(11), 1868–
1873.
Aryanto, M. Z., & Suratman, B. (2021).PengaruhKualitasPelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya. JurnalPendidikanAdministrasi Perkantoran(JPAP),9(2),401–412. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p401- 412
Bintang Guntara, S. dan S. N. (2017). Pengaruh Pengolahan Koleksi, Kompetensi Pengelola, Dan Fasilitas Perpustakaan TerhadapKualitasPelayanan Perpustakaan. 2(1), 18–23.
Chorida, L. A. (2012). Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Sirkulasi Di Kantor Arsip Dan Perpustakaan Kabupaten Klaten. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1(1), 13–19.
Dan, P., Gianyar, K., Fisik, L. K., & Pegawai, S. K. (n.d.). Kabupaten Gianyar Oleh : Mohamad Rizky Adam Saputro Fakultas Ekonomi Universitas Ngurah Rai , Denpasar.
Desani, A., Tangelica, M., & Irisa,
W. (2019). Pengaruh Komunikasi Dan Komitmen Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Garuda Mesin Agri. Jurnal Darma Agung, 27(2),1063.https://doi.org/10.46930/ojsuda. v27i2.274
Dewi, M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Samudra. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam vol.4, No 1, Mei
2015, 4(1), 196999.
EfriYunita.(2021).Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Komunikasi Verbal dan Non Verbal Pustakawan di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. JournalofChemicalInformationand Modeling,53(9),39–47. http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotik
Erna Supriyanti, M. M. W. M. M. M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat. Ikm, XX(Xx), 0–10.
Fitriyani,E.,&Pramusinto,H. (2018). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, KualitasPelayanan,DanKinerja Pustakawan Terhadap Minat Berkunjung Masyarakat. Economic Education Analysis Journal,7(2),73–84. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Gede, A. W. I. (2022). The role of customer satisfaction as a mediator of the effect of service quality and competence on customer loyalty in public libraries tabanan regency library and archives service. 5(2), 139–155.
Hariyanto, D. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi (Buku Ajar). In Pengantar Ilmu Komunikasi (p. 120).
Hariyati, M., Keguruan, F., & Jambi,
U. (n.d.). Manajemen Layanan Perpustakaan : Kinerja Pustakawan , Fasilitas dan Kepuasan Mahasiswa di Perpustakaan FKIP Universitas Jambi. 4(1), 30–41.
Haryono, S. (2017). Metode Sem Untuk Penelitian Manajemen Amos Lisrel Pls. Luxima Metro Media.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (Dr. Meithiana Indrasari) (z-lib.org).pdf (p. 114).
Isnaini Fathoni, M., & Siyamto, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan. Jurnal Ilmiah Keuangan Akuntansi Bisnis, 1(2), 89–97.
Universitas Bina Insan Lubuklinggau
3
ESCAF 2023
1st
Nurisky Pratami, Herman Paleni, SE., M.Si, Surajiyo, SE., MM
p-ISSN : xxx-
https://doi.org/10.53088/jikab.v1i2.16
K., B. C., & Arfa, M. (2017).
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Perpustakaan Stikes Telogorejo Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan,6(3),651–660. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/a rticle/view/23197
Khatibah. (2014). Komunikasi
Pustakawan. Iqra’, 08(01), 23–27.
Kusnadi, E. (2022). Loyalitas Melalui Variabel Intervening Kepuasan Pengunjung Pada Hotel Rengganis. 1(2), 1176–1187.
Lena, E. M., Mursito, B., & Hartono,
S. (2021). Kepuasan Pelanggan Ditinjau Dari Kualitas Produk, Citra Merek Dan Pelayanan Pada Outlet 3 Second Surakarta (Consumer Purchase Interest Assessed From The Atmosphere Store, Location, And Word Of Mouth Case Study On Solo Boutique). Jurnal Ekbis, 22(1), 55. https://doi.org/10.30736/je.v22i1.697
Maulidiyah, A., & Roesminingsih, E. (2020). Layanan dan Fasilitas Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 389–400.
Muhamad, F., & Yusuf, M. A. (2021). Penghantar Ilmu Komunikasi. In D. Tanggul Aji (Ed.), Penghantar Ilmu Komunikasi (pp. 14–15). Pustaka Ilmu.
Novianti, H. T., Mindarti, L. I., & Hermintatik. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka (Studi pada Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 3(5), 789–794.
Pangesti et al. (2020). Pengaruh Komunikasi, Fasilitas Perpustakaan, dan Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan melalui Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 2(1),18–23.
https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.36909
Samsinar, M. H. (2017). Komunikasi Antar Manusia. In M. I. K. Dr. Hermansyah (Ed.), Komunikasi Antar Manusia (Edisi 1, pp. 2–3).
Saputra, A. A. (2018). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap KepuasanPasien.JurnalManajemen Kewirausahaan,3(2),72–89. http://ejournal.uniskakediri.ac.id/index.php/
Setiaman, S. (2021). Analisa Parsial Model Persamaan Struktural Dengan Software Smart-Pls Versi 3. In Analisa Parsial Model Persamaan Struktural Dengan Software Smart-Pls Versi 3 (pp. 1– 88).
Sri Rahayu, N. (2022). Jurnal Efektivitas Organisasi 2. 2(1), 664–672.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (S. Y. Sofia (ed.); Edisi ke-3).
Sugiyono. (2019a).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Catatan Ke). Alfabeta.
Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (p. 137). Alfabeta.
Suhardi Anwar M, H. S. R. (2019). Stuctural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian. In Stuctural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian (pp. 1– 387).
Susanto, H. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan konsumen pada pt astra internasional tbk honda cabang maros. Jurnal Brand, 2(1), 141.https://ejournals.umma.ac.id/index.php/ brand
Tjiptono Fandi, C. G. (2017). Service Quality Dan Satisfaction Edisi 4. In Service Quality Dan Satisfaction Edisi 4 (P. 362).
Wahyudi, S., Prasetyo, I., & Chamriyah. (2020). Pengaruh komunikasi, tingkat pendidikan, dan profesionalisme terhadap kualitas pelayanan di kantor bersama samsat kabupaten pamekasan. Manajemen & Adminstrasi Publik, 3(2),
Universitas Bina Insan Lubuklinggau
3
ESCAF 2023
1st
Nurisky Pratami, Herman Paleni, SE., M.Si, Surajiyo, SE., MM
p-ISSN : xxx-
262–275.
Witra, M. A. (2017). Transformasi Pelayanan Sektor Publik. In Transformasi Pelayanan Sektor Publik (Pp. 1–116) |