Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal PENGARUH KUALITAS INFORMASI, KUALITAS SISTEM, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA LUBUKLINGGAU DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Nama Lengkap Tritiya Novian Dira
Nama Pembimbing 1 Herman Paleni S.E M.Si
Nama Pembimbing 2 Wawan Fransisco SH. MH
Abstrak Jurnal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen e-commerce Shopee di kota Lubuklinggau melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kecamatan Lubuklinggau Utara II dengan jumlah sampel 100 orang responden yang membeli produk barang atau jasa melalui aplikasi Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang diolah menggunakan alat analisis SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas informasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t-statistik 1.281 lalu kualitas sistem juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t-statistik 0.304 dan kualitas layanan juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t-statistik 1.444, namun kepuasan konsumen memediasi pengaruh kualitas informasi dengan nilai t-statistik 5.102, kualitas sistem dengan nilai t-statistik 2.084, dan kualitas layanan dengan nilai t-statistik 2.144 terhadap loyalitas konsumen. Kata kunci: kualitas informasi; kualitas sistem; kualitas layanan; kepuasan konsumen; loyalitas konsumen
Daftar Pustaka Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(1), 37–52. Dr. Ratna Wijayanti Daniar Paramita, Noviansyah Rizal, & Riza Bahtiar Sulistyan. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Lumajang, Jawa Timur. Widya Gama Press. Fendini, S. D. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna di PT. PLN (Persero) Area Malang. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 6(1), 1–11. Garaika, D., & Darmanah, S.E., M. . (2008). Metodologi Penelitian. Lampung Selatan. Hasibuan, R. M., Dr. Fitriani Harahap, S.Pd., M., & Armansyah Lubis, S.E., M. . (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Cafe Vanilla Panyabungan. Jurnal Misi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS), 4(3), 175–182. Hardina, F. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kepuasan Keuangan dengan Perilaku Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Masyarakat Kota Makassar. 5–10. Khristianto, W. (2011). Pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan dalam melakukan online shopping(Studi Pada Pelanggan Online Shopping di Forum Jual Beli / FJB Kaskus.us Regional Malang). Publikasi Ilmiah. Martina Rahmawati Masitoh, Hermansyah Andi Wibowo, K. I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kepuasan Pelanggan , dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Mobile Shopee. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 101–119. Mardian, I., & Muhammad, M. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Pada Dealer Yamaha Tugu Mas Bima. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 125–131. Pranyoto, R. A. P. (2021). Analisis Implementasi Sistem Belanja Online Berbasis Aplikasi E-Commerce terhadap Perilaku Konsmtif Mahasiswa Stkip PGRI Pacitan. Utomo, L. T., Ardianto, Y. T., & Sisharini, N. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas Merdeka Malang. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 3(2). Widyanita, F. A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan E-commerce Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia Pada Mahasiswa FE UII Pengguna Shopee.
Informasi Pengguna
Menu Pengguna

Halaman Utama

Data Universitas

Data Dosen

Data Jurnal Mahasiswa