Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal |
RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PADA BANK SUMSEL BABEL CABANG PEMBANTU BINGIN |
Nama Lengkap |
Apero Sardu |
Nama Pembimbing 1 |
DR.sumwarno SE,.Msi |
Nama Pembimbing 2 |
Irma idayati SE,.Msi |
Abstrak Jurnal |
This research was conducted in South Sumatra Babel Sub Branch Bingin Teluk. The purpose of this study is to determine the effect of Marketing Relationship on Customer Loyalty partially and simultaneously. The data collection technique used is a questionnaire. The respondents of the research are customers of South Sumatra Babel Sub Branch of Bingin Teluk. The results of Relationship Marketing research have an influence on Loyalty. The value of tcount is 3.797 and ttable is 0.1638 (ttable value n=100) so it can be seen that if the criteria are in accordance with tcount > ttable then Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant relationship between Relationship Marketing and Loyalty. The influence of Relationship Marketing has an influence on Loyalty. tcount value of 5.261 and ttable of 0.1638 (ttable value n=100) then it can be seen that if the criteria are in accordance with tcount>ttable then Ho is rejected and Ha is accepted, there is a significant effect between ideals and loyalty. The results of the Moderated Regression Analysis (MRA) test that has been carried out show that the influence of Marketing Relationships on Loyalty is 12.8%. the test results after the moderating variable is to strengthen or increase Loyalty to 36.2%.
Keywords : Relationship Marketing, Customer Loyality, Customer Satisfaction
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di Sumsel Babel Cabang Pembantu Bingin Teluk. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan secara parsial dan simultan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner yang menjadi responden penelitian adalah pelanggan Sumsel Babel Cabang Pembantu Bingin Teluk. Hasil penelitian Relationship Marketing memiliki pengaruh terhadap Loyalitas. Nilai thitung sebesar 3.797 dan ttabel adalah sebesar 0.1638 (nilai ttabel n=100) maka dengan demikian dapat diketahui bahwa jika kriteria sesuai dengan thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh signifikan antara Relationship Marketing dengan Loyalitas. Pengaruh Relationship Marketing memiliki pengaruh terhadap Loyalitas. nilai thitung sebesar 5.261 dan ttabel adalah sebesar 0.1638 (nilai ttabel n=100) maka dengan demikian dapat diketahui bahwa jika kriteria sesuai dengan thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, ada pengaruh signifikan antara Kepuasan dengan Loyalitas. Hasil pengujian Moderated Regression Analysis (MRA) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas adalah sebesar 12.8%. hasil pengujian setelah adanya variabel moderasi yaitu Kepuasan memperkuat atau meningkatkan Loyalitas menjadi 36.2%.
Kata kunci : Relationship Marketing, Loyalitas Nasabah, Kepuasan Nasabah
|
Daftar Pustaka |
DAFTAR PUSTAKA
Budi Martini, L. (2013). Relationship Marketing, Customer Satisfaction, Customer Commitment Dan Customer Loyalty (Studi Pada Sebuah Bank Nasional Di Denpasar). Buletin Studi Ekonomi, 18(1), 9–25.
Lestari, D. N. (2016). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Palu. Katalogis, 2(1), 146–157.
Pramana, I. G. Y., & Rastini, N. M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali. None, 5(1), 250738.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Yendra. (2017). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri di Kota Jayapura. FuturE, 4(2), 267–278.
Rundengan, M. G. (2019). Pengaruh Relationship Marketing. 12(1), 136–149.
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasaan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Volume, 7(2), 113–125
Ngatmo, & Bodroastuti, T. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada PT . Sido Muncul Semarang The Factors Influence Customer Satisfaction at Sido Muncul Semarang. Kajian Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 1–25.
Dewanthi, P. A. A., & K, N. M. W. (2017). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah , hal ini disebabkan pariwisata mempunyai peran yang sangat penting dalam pembang. 6(1), 1–31
Anirah. (2016). Pengaruh Peran Kepemimpinan Dan Budaya Organisasiterhadap Motivasi Kerja Yang Berdampak Pada Peningkatan Kinerja Perangkat Desa Di Kecamatan Teluk Jambe Timur. 179–196.
Mashuri. (2021). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 54–64.
Hartono, A. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Di Restoran The Naked Crab Surabaya. Encyclopedia of Systems Biology, 1646–1646. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-9863-7_940
Octafilia, Y., & Oktavia, M. (2018). Analisis Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Pangkalan Baru Indah Pekanbaru. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 1(2), 137–152. https://doi.org/10.31539/costing.v1i2.206
Kurniawati, D., Suharyono, dan Kusumawati, A. (2016). KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Studi pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2), 1–9.
|