Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal |
Analisis user experience website SMA negeri 3 Musi Rawas serta dampaknya berbasis user experience questionnaire (UEQ) |
Nama Lengkap |
Yuli Susilawati |
Nama Pembimbing 1 |
Novi lestari M.Kom |
Nama Pembimbing 2 |
Bunga intan M.Kom |
Abstrak Jurnal |
Masalah dalam penelitian ini adalah belum pernah dilakukan penelitian website SMA Negeri 3 Musi Rawas sehingga belum diketahui kualitas dan permasalahan penguna website SMA Negeri 3 Musi Rawas dari sudut pandang pengalaman pengguna dengan menggunakan metode user experience questionnaire (UEQ) yang terdiri dari 6 variabel yaitu daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketetapan, stimulasi, dan kebaruan. Penelitian ini juga menggunakan 2 data diantaranya data primer dan data sekunder. Data primer metode observasi (terjun langsung), metode interview(wawancara), metode dokumentasi dan kuisioner. Sedangkan data sekunder adalah jurnal dan buku. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Musi Rawas pada 86 responen siswa/I yang aktif. Hasil data user experience menggunakan metode UEQ diperoleh nilai setiap variabel yaitu daya tarik 1,65, kejlasan 1,71, efisiensi 1,74, ketepatan 1,39, stimulasi 1,27, dan kebaruan 0,84 yang menunjukkan bahwa setiap variabel dibawah rata-rata. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi dalam memperbaiki website SMA Negeri 3 Musi Rawas kedepannya agar dapat memenuhi kebutuhan para pengguna.
Kata Kunci: Analisis, Pengalaman pengguna, User Experience Questionnaire
|
Daftar Pustaka |
[1] I. R. Wulandari and L. D. Farida, “Pengukuran User Experience Pada E-Learning Di Lingkungan Universitas Menggunakan User Experience Questionnare (Ueq),” J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, pp. 146–145, 2018, [Online]. Available: https://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/483
[2] M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook Version 8,” URL https//www. Res. net/publication/303880829_User_Experience_Questionnaire_Handbook_Version_2.(Accessed 02.02. 2017), no. September 2015, pp. 1–15, 2019, [Online]. Available: www.ueq-online.org
[3] S. R. Henim and R. P. Sari, “User Experience Evaluation of Student Academic Information System of Higher Education Using User Experience Questionnaire,” J. Komput. Terap., vol. 6, no. Vol. 6 No. 1 (2020), pp. 69–78, 2020, doi: 10.35143/jkt.v6i1.3582.
[4] F. Fitranda, H. M. Az-zahra, and A. D. Herlambang, “Evaluasi User Experience pada Kahoot dan Socrative menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada SMKN 3 Malang),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 11, pp. 10701–10704, 2019.
[5] C. Prasetyo, “Bab 1: Pendahuluan,” Profil Kesehat. kab.semarang, vol. 41, pp. 1–9, 2021.
[6] L. Belakang et al., “BAB I PENDAHULUAN,” pp. 1–4, 2014.
[7] F. R. Isadora, B. T. Hanggara, and Y. T. Mursityo, “Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile HomeCare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 5, p. 1057, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021844550.
[8] M. Schrepp, A. Hinderks, and J. Thomaschewski, “Items of the short version of the User Experience Questionnaire (UEQ),” Ueq, p. 1, 2022, [Online]. Available: https://www.ueq-online.org/Material/UEQS_Items.pdf
[9] Nurkinan, “Impact of Online Media on Media Development Conventional,” J. Polit. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 33–34, 2017.
|