Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal |
SISTEM INFORMASI PENGADUAN ONLINE BERBASIS WEB RESPONSIF (STUDI KASUS RSUD SITI AISYAH KOTA LUBUKLINGGAU ) |
Nama Lengkap |
Ananda rizki |
Nama Pembimbing 1 |
Rudi Kurniawan, ST, M.kom |
Nama Pembimbing 2 |
Tri Hasana B.A, M.kom |
Abstrak Jurnal |
Abstrak
Pembuatan skripsi ini bertujuan untuk merealisasikan rancangan aplikasi pengaduan online di RSUD Siti Aisyah Lubuklinggau. Metode yang digunakan dalam membuat aplikasi ini menggunakan metode extreme programming yang meliputi identifikasi kebutuhan, analisa kebutuhan, perancangan sistem, perancangan perangkat lunak, pembuatan alat, dan pengujian alat. Perancangan sistem pengaduan online ini menggunakan tool UML dan pemrograman sistem menggunakan php serta perancangan database menggunakan MySQL. Berdasarkan hasil pengujian sistem, pelapor dapat melakukan input pelaporan dan ditindaklanjuti oleh admin dan diteruskan oleh pihak Quality Assurance. Hasil dari perancangan aplikasi e-pengaduan ini dapat meningkatkan pelayanan rumah sakit terhadap custumer maupun masyarakat dalam menunjang visi misi mereka untuk mewujudkan pelayanan yang prima
Kata kunci— e-pengaduan, pelayanan rumah sakit, PHP Script, MySQL. |
Daftar Pustaka |
VI. DAFTAR PUSTAKA
[1]I. K. D. N. widyatna Dahniah, “Rancang bangun aplikasi pengaduan masyarakat di dinas lingkungan hidup berbasis web menggunakan framework laravel (Studi Kasus: Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Paser) Widyatna,” 2020.
[2]J. Sari and M. D. Payana, “Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Di Puskesmas Kopelma Darussalam Banda Aceh Berbasis Web,” J. Informatics Comput. Sci., vol. 4, no. 2, p. 193, 2019, doi: 10.33143/jics.vol4.iss2.546.
[3]A. Novira, F. F. Aiyub, U. Samudra, and R. Sakit, “Aplikasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Pada Applications Services Web-Based Public Complaints in the Area of Langsa General Hospital,” vol. 1, no. 1, pp. 70–72, 2019.
[4]D. P. yudhi Ardiana and I. M. S. Dwiputra, “Sistem Informasi Penanganan Keluhan Pelanggan di Rumah Sakit Umum Surya Husadha Denpasar Berbasis Web,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 18, no. 2, pp. 257–267, 2019, doi: 10.30812/matrik.v18i2.405.
[5]R. Lorensa, Y. Indah, and S. Sari, “Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Di Kabupaten Bangkalan,” vol. 9, no. 1, pp. 29–32, 2020.
[6]K. Pelayanan and D. I. Rumah, “Penerapan Layanan Sms ( Short Message Service ) Pengaduan Dalam Meningkatkan,” vol. 8, no. 1, pp. 55–66, 2020.
[7]Rosa and Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Bandung: Informatika, 2018.
[8]I. Zuhriyanto, A. Yudhana, and I. Riadi, “Perancangan Digital Forensik pada Aplikasi Twitter Menggunakan Metode Live Forensics,” Semin. Nas. Inform. 2018 (semnasIF 2018), vol. 2018, no. November, pp. 86–91, 2018.
[9]Soni, Y. Prayudi, and B. Sugiantoro, “Teknik Akuisisi Virtualisasi Server Menggunakan Metode Live Forensic,” Teknomatika, vol. 9, no. 2, 2017.
Ananda Rizki, Copyright © 2023, Universitas Bina Insan, Page 12
|