Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal |
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HOTEL SMART LUBUKLINGGAU |
Nama Lengkap |
Nina Oktarika |
Nama Pembimbing 1 |
Dr. Suwarno M. Si |
Nama Pembimbing 2 |
Muhammad Effendi M. Si |
Abstrak Jurnal |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan komitmen organisasi terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen hotel smart Lubuklinggau dengan jumlah sampel 91 orang responden yang pernah menginap atau mendapat pelayanan di Smart hotel Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang diolah menggunakan alat analisis SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada hasil pengujian hipotesis H1 membuktikan bahwa Kualitas Layanan tidak ada pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen di Hotel Smart Lubuklinggau dapat dilihat dari nilai angka original sample di Bootstripping sebesar 0.070 Sedangkan untuk signifikansinya adalah negatif karena nilai t-statistik kualitas layanan (X1) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) adalah sebesar 1.364 yang berarti lebih kecil dibandingkan t-tabel yaitu 1,96. Selain itu, p value penelitian yang dihasilkan, yaitu 0.176 juga melebihi standar yang telah ditentukan <0.05 sehingga hipotesis pertama ditolak. Pada hasil pengujian hipotesis kedua dalam penelitian ini membuktikan bahwa Komitmen Organisasi (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) sehingga hipotesis ini diterima dapat dilihat dari nilai angka original sample di Bootstripping sebesar 0.871. Sedangkan untuk signifikan t-statistik Komitmen Organisasi (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) adalah sebesar 34.103 yang berarti lebih besar dibandingkan t-tabel yaitu 1,96. Selain itu, p value penelitian yang dihasilkan, yaitu 0.000 yang telah ditentukan <0.05. Pada hasil pengujian hipotesis ketiga dalam penelitian ini membuktikan bahwa Kualitas Layana (X1) dan Komitmen Organisasi (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) sehingga hipotesis ini diterima. Arah hubungan dapat dilihat dari nilai angka original sample di Bootstripping sebesar 0.248 , Sedangkan untuk signifikan nilai t-statistik adalah sebesar 2.437 yang berarti lebih besar dibandingkan t-tabel yaitu 1,96. Selain itu, p value penelitian yang dihasilkan, yaitu 0.017 juga sesuai dengan standar yang telah ditentukan <0.05. |
Daftar Pustaka |
Adhiputra , M.W. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Kualitas Layanan Hotel. Bussines Management Journal, 11(2), 120-139. http;//doi.org/10.308 13/bmj.v11i2 628.
Affandi,P.(2016).Human Resource Management for Management Research.(Deepublish(ed.)).
Deysi Febrianty Br Silalahi, K. L. (2021). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Layanan Terhadap Kator Camat Merek Karo. 10(2), 127-139.
Edwin Gunawan, Gabriel Octavianus Sebastian, A. H (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menginap Di Empat Virtual Hotel Operator di Surabaya. 145-153.
Kesuma, E., Amri, & Shabri. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Sulthan Hotel Banda Aceh. Manajemen, 4(4),176-192.
Mahira, Prasetyo Hadi, H N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Prosiding Konfersi Riset Nasional Ekonomi. Manajemen dan Akuntansi. 2(1), 1267-1283.
Nadapdap, K. (2017). Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Mitra Permata Sari. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(1), 197023.
Sudaryono. (2014). Budaya dan Perilaku Organisasi (Lentera Ilmu Cendekia Perkatoran Cendra (ed.)).
Sundari, R. Anggun Cahyani O, & Dongoran, J. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Perusahaan Air Minum (PDAM) Kota Salatiga. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis. 3(1). 1-10. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/595
Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Rineka, Cipta.
|