Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal |
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 8 LUBUKLINGGAU |
Nama Lengkap |
NUR ISNAINI |
Nama Pembimbing 1 |
Yulpa Rabeta, MM |
Nama Pembimbing 2 |
M. Effendi SE,. M.Si |
Abstrak Jurnal |
Masalah pada penelitian ini adalah adakah pengaruh lingkungan kerja dan kedisiplinan terhadap kinerja guru SMA Negeri 8 Lubuklinggau?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan kedisiplinan terhadap kinerja guru SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu sebanyak 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian adalah 1) Ada pengaruh lingkungan terhadap Kinerja guru di SMA Negeri 8 Lubuklinggau menunjukkan nilai thitung = 8,284 lebih besar dari ttabel = 2,042 dengan dk = n-2 = 40 – 2 = 38. Berarti, secara parsial, variabel lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja guru di SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Hal ini membuktikan hipotesis penelitian terbukti dan hipotesis diterima. 2) Ada disiplin terhadap Kinerja guru di SMA Negeri 8 Lubuklinggau menunjukkan nilai thitung = 9,185 lebih besar dari ttabel = 2,042 dengan dk = n-2 = 40 – 2 = 38. Berarti, secara parsial, variabel disiplin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja guru di SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Hal ini membuktikan hipotesis penelitian terbukti dan hipotesis diterima. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan dan disiplin berpengaruh kinerja dimana diperoleh nilai Fhitung = 60,301 > Ftabel = 3,13 ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya variabel Lingkungan ( X1 ), dan variabel Disiplin (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja ( Y ) pada SMA Negeri 8 Lubuklinggau.
Katakunci : Lingkungan Kerja, Kedisiplinan, Kinerja
Abstract
The problem in this research is is there any influence of work environment and discipline on teacher performance of SMA Negeri 8 Lubuklinggau?. The purpose of this study was to determine the effect of work environment and discipline on teacher performance at SMA Negeri 8 Lubuklinggau. This type of research is quantitative. Sampling using saturated samples as many as 40 people. Data collection was carried out by means of a questionnaire. Data analysis using t test. The results of the study are 1) There is an environmental influence on teacher performance at SMA Negeri 8 Lubuklinggau showing the value of tcount = 8.284 greater than ttable = 2.042 with dk = n-2 = 40 – 2 = 38. It means, partially, the environmental variable has a significant influence. significant impact on teacher performance at SMA Negeri 8 Lubuklinggau. This proves the research hypothesis is proven and the hypothesis is accepted. 2) There is discipline on teacher performance at SMA Negeri 8 Lubuklinggau showing the value of tcount = 9.185 greater than ttable = 2.042 with dk = n-2 = 40 – 2 = 38. Means, partially, the discipline variable has a significant influence on teacher performance at SMA Negeri 8 Lubuklinggau. This proves the research hypothesis is proven and the hypothesis is accepted. 3) There is a significant influence between environment and discipline that affects performance where the value of Fcount = 60.301 > Ftable = 3.13 means that Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that the Environmental variable (X1), and the Discipline variable (X2) have a significant effect on performance. (Y) at SMA Negeri 8 Lubuklinggau.
Keywords: Work Environment, Discipline, Performance
|
Daftar Pustaka |
Azwar, Saifuddin. (2007) . Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta
Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458
Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan, (2008) Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta
Buchari Alma.. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta
Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar
Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Dayat@Yudharta.Ac.Id, 1, 299–318. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim
Danang, Sunyoto. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru
Durianto, dan Liana. C, (2004). Analisi efektivitas iklan televisi softener soft & fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumen decision model, Jurnal Ekonomi Perusahaan,Vol.11 (1): 35-55Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458
Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Dayat@Yudharta.Ac.Id, 1, 299–318. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim
Fajar Tri Hermawan. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Motor Honda Di Komplek Graha Indah Bekasi. STIE Indonesia, 53(9), 1689–1699.
Jamaludin, A. (2017). Pengaruh Lokasi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Sosio E-Kons, 9(2), 125. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v9i2.1943
Lestari, S. P., Sutrisna, A., & Mafazi, M. (2020). Lokasi Usaha Dan Fasilitas Pelayanan Sebagai Determinan Keputusan Pembelian. Akutansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), 27(2). https://doi.org/10.35606/jabm.v27i2.687
Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1658–1667. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20411
Pasigai, M. A. (2009). Pentingnya Konsep Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, 1(1), 51–56.
Putri, S. E. (2014). ( Promotional Mix ) Pada Matahari Department Store Bengkulu. Management Insight, 9(1), 45–54. https://media.neliti.com/media/publications/220095-persepsi-konsumen-terhadap-bauran-promos.pdf
Rate, P. Van, Tumbel, A., & Memah, D. (2015). Analisis Strategi Promosi, Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Citraland Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1263–1273.
Samsu. (2017). METODE PENELITIAN : (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). PUSAKA.
Saragih, H. (2015). Analisis Strategi Penetapan Harga Dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Nutricia Indonsesia Sejahtera Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 1(2), 197048.
Setiawati. (2021). Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi di BEI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1581–1590.
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. UB Press.
Siregar, N., & Hakim, F. (2017). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Jurnal Manajemen Tools, 8(2), 87–96.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Widodo, Suparno. (2021). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia”.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
|