Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS BINA INSAN
Nama Lengkap Oktavia
Nama Pembimbing 1 Muhammad Yusuf
Nama Pembimbing 2 Indrawati Mara kesuma
Abstrak Jurnal Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar, dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer, penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi angkatan 2019 dan 2020 pada Universitas Bina Insan Lubuklinggau, dengan jumlah sampel 85 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,437 < 0,05, perilaku belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,002 > 0,05, dan minat belajar berpengaruh secara positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai determinan 0,564 atau sebesar 56,4%. Ini berarti 56,4% tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh kecerdasan emosional, perilaku belajar, dan minat belajar dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Kecerdasan emosional, perilaku belajar, minat belajar, tingkat pemahaman akuntansi
Daftar Pustaka Atmaja, R., Ramantha, I. W., & Suartana, I. W. (2017). Pengaruh Minat Belajar Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(2017), 2021–2046. Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Universitas Medan Area. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(2), 99–108. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMA/article/view/1381/1183 Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. Jurnal Reforma, 2(1), 55–65. https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.33 Herman, P. W. Y. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Faultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Jember). 1–86. Indriana, A. (2017). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. http://repository.stie-mce.ac.id/752/ Megías-Robles, A., Sánchez-López, M. T., & Fernández-Berrocal, P. (2022). The relationship between self-reported ability emotional intelligence and risky driving behaviour: Consequences for accident and traffic ticket rate. Accident Analysis and Prevention, 174(July). https://doi.org/10.1016/j.aap.2022.106760 Nugraha, A. P. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Prilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Nugroho, F. B. A., Rispayanto, & Kristianto, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Perilaku Belajar, Kompetensi Dosen dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 14(2), 351–360. Nyoman, N., Rahayu, S., Dewi, T., & Yogantara, K. K. (2017). Pemoderasi. 5(2), 41–48. pedi, riswandi. (2015). Pengaruh Pengendalian Diri dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3, 63–72. Rimbano, D., & Sari, M. (2016). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI. 15. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/admniaga/article/view/629 Rokhana, L. A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1), 26–38. Rusmiani, N. K. A. (2017). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia ABSTRAK PENDAHULUAN Pendidikan akuntansi khususnya pendidikan tinggi akuntansi yang diselenggarakan di pe. 20, 959–985.
Informasi Pengguna
Menu Pengguna

Halaman Utama

Data Universitas

Data Dosen

Data Jurnal Mahasiswa