Halaman Data Jurnal
Judul Jurnal |
Kualitas Pelayanan Publik Dipengaruhi Oleh Kompetensi Kerja Dan Motivasi Kerja Dengan Pengembangan Teknologi Informasi Sebagai Variabel Moderasi Pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Kota Lubuklinggau |
Nama Lengkap |
M. ADI DWI CAHYO |
Nama Pembimbing 1 |
Dr. Dheo Rimbano, SE, M.Si |
Nama Pembimbing 2 |
Dr. Yohanes Susanto, MM |
Abstrak Jurnal |
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kompetensi kerja dan motivasi keja terhadap kualitas pelayanan dengan teknologi informasi sebagai variabel moderasi pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Lubuklinggau. Penelitian ini dilakukan di Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Lubuklinggau dengan masalah pada penelitian ini adalah kurangnya kecermatan pegawai dalam peningkatan kualitas pelayanan, terbatasnya pemahaman aparatur dan masyarakat terhadap teknologi informasi dan komunikasi, kurangnya pemahaman yang dimiliki dalam menganalisa dan menyelesaikan suatu masalah yang terjadi dan rendahnya kemauan dalam meningkatkan kinerja sehingga kualitas pelayanan masih belum efektif dan efisien. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Lubuklinggau. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Lubuklinggau berjumlah 47 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linear berganda dan moderated regression analysis (MRA). Dari pengujian menunjukkan bahwa hipotesis pertama yaitu kompetensi kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Hipotesis kedua yaitu motivasi kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Hipotesis ketiga yaitu teknologi informasi dapat memoderasi pengaruh antara kompetensi kerja terhadap kualitas pelayanan. Hipotesis keempat yaitu teknologi informasi dapat memoderasi pengaruh antara motivasi kerja terhadap kualitas layanan. |
Daftar Pustaka |
Ali, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Dimoderasi Oleh Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Kinerja Pelayanan Publik. SEBATIK, 1, 81–86.
Ardiansyah, I. (2021). Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Di Kantor Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung). KarismaPro: Kajian & Riset Manajemen Profesional, 12(2), 9–16.
Arumsari, R. R., Salim, F., & Putriana, L. (2022). Pengaruh Motivasi, Komitmen Kerja Dan Telework Terhadap Produktivitas Kerja Dengan Teknologi Informasi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 81–101.
Emron, E. dkk. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Alfabeta.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Mulasari, H., & Suratman, B. (2021). Pengaruh Motivasi dan Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 198–210.
Ngatu, Y. E., & Rusmiwari, S. (2018). Pengaruh Etika Birokrasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(3), 23–30.
Nugraha, E., Sari, R. M., Sutarman, Yunan, A., & Kurniawan, A. (2022). The Effect of Information Technology , Competence , and Commitment to Service Quality and Implication on Customer Satisfaction. International Journal of Technology, 13(4), 827–836. https://doi.org/10.14716/ijtech.v13i4.3809
Pandi, A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia “Teori Konsep dan Indikator.” Zanafa Publishing.
Pebriyanti, D., Mahardiana, L., & Risnawati. (2017). Pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kualitas layanan pada kpknl palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 3(3), 257–266.
Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2019). Integritas Akademik: Prediktor Kesejahteraan Siswa di Sekolah. Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(1).
Rivai, & Sagala. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan : Dari Teori ke Praktik (Edisi Kedu). Rajagrafindo Persada.
Rusydi, G., Susanto, Y., & Harni. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompetensi, dan Motivasi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Media Ekonomi (JURMEK), 25(1), 16–25.
Siregar, S. (2018). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukmana, P., & Hakim, A. (2023). The Influence of Work Quality and Employee Competence on Human Resources Professionalism at the Ministry of Defense Planning and Finance Bureau. International Journal of Social Science and Business, 7(1), 233–242.
Wahyudi, S., Firman, A., & Gusti, D. H. (2020). Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja Dan Semangat Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Pinrang. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 1(1), 57–68.
Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja (Edisi Keli). PT. Rajawali Pers.
|